Minggu, 26 Juni 2011

Dokument


MESIN BUBUT
Macaam  - Macam Mesin Bubut
Mesin bubut termasuk mesin perkakas dengan gerak utama berputar, mesin bubut terbagi dalam :
1.      Mesin bubut biasa
Bagian  - bagian yang penting dari suatu mesin bubut biasa terdiri atas :
a.      Kepala tetap
b.      Kepala lepas bed mesin
c.       Eretan
d.      Transforter
e.      Sumbu pembawa
2.      Mesin bubut khusus
Mesin bubut khusus :
a.       Mesin bubut kepala dan mesinbubut kaursel khusus untuk membubut pekerjaan dengan diameter besar, tetapi dengan jarak pendek, misalnya penggiling jalan (stoom walls).
b.      Mesin bubut sumbu khusus untuk membubut poros – poros yang panjang.
c.       Mesin – mesin revolvel khusus untuk membubut pekerjaan yang sama dalam jumlah yang banyak.
Mengenai mesin bubut khusus dalam buku ini tidak akan dibahas lebih lanjut asal cukup mengetahui nama dan kegunaannya.
Mesin bubut yang akan kita uraikan dalam buku ini yang selanjutnya kita sebut mesin bubut.
Perlengkapan mesin bubut
1.    A. Pelat cekam dengan 3 dan 4 rahang
B. Pembawa dan pelat pembawa
Alat – alat ini dipasang pada sumbu utama, gunanya untuk menjepit benda kerja.
2.    Kaca mata :
a.       Kacamata jalan gunanya untuk menyangga benda kerja yang panjang dengan diameter, kecil agar tida melentur pada waktu membubut, kaca mata ini dipasang pada supor melintang.
b.      Kaca mata tetap gunanya untuk menyangga benda kerja pada waktu membubut pada ujunglepas, kaca mata ini dipasang pada bed mesin bubut.
Catatan :
Pada waktu menggunakan kaca mata jalan maupun kaca mata tetap harus diberikan pelumasan teratur pada bagian – bagian yang bergeser.
3.       Teper attachment
Taper attachment gunanya untuk membubut tirus bagian luar maupun dalam secara dengan tangan maupun otomatis, alat ini dipasang pada bagian belakang dari mesin.
Supor
Untuk menggerakkan dan menghantarkan pahat dipergunakan supor. Supor ini bergerak melalui bed mesin dengan perantara sebuah poros (sumbu) pembawa atau oleh sumbu transforter dan batang bergigi yang pasang pada bed mesin, supor ini terdiri dari eretan, eretan lintang, dan eretan atas yang kita inginkan, misalnya pada waktu membuat tirus.
Sumbu pembawa dan sumbu transforter dipasang sepanjang mesin bubut pada bagian depan. Bila sumbu pembawa terbuat dari bahan bulat, maka sepanjang sumbu tersebut terdapat alur pasak, gunanya untuk menggerakkan roda gigi dalam eretan secara otomatis. Bila terbuat dari bahan segi enam maka tidak terdapat (tidak diperlukan) alur pasak.
Pada sumbu transforter pada umumnya tidak terdapat alur pasak, tetapi sepanjang sumbu tersebut diberi ulir trapezium. Adapun transforter dipergunakan bila mana kita akan membuat ulir. Bila suatu mesin bubut tidak terdapat sumbu pembawa, maka sumbu transforter selain berulir juga diberikan alur pasak, sepanjangnya agar berfungsi sebagai sumbu pembawa.
Kepala lepas
Kepala lepas ini gunanya untuk mendukung pekerjaan yang akan dipasang diantara dua senter, senter yang satu ditempatkan pada kepala tetap sedangkan yang lainnya pada kepala lepas. Baik kepala lepas maupun kepala tetap terdiri diatas bed masin bubut. Kepala lepas dapat bergerak sepanjang bed mesin bubut, sehingga kita dapat menempatkannya sesuai dengan yang kita perlukan. Dengan menggerakkan tangkai pengikat yang tersedia, maka lepala lepas itu akan terikat pada bed.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar